MAN 1 GRESIK JUARA 1 LOMBA SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN (SSK) TINGKAT JAWA TIMUR TAHUN 2024

MAN 1 Gresik kembali menorehkan prestasi membanggakan. Setelah beberapa waktu lalu meraih prestasi dalam bidang akademik, kali ini madrasah yang beralamat di Jalan Raya Bungah Nomor 46 Bungah Gresik tersebut sukses menjadi juara 1 Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Keberhasilan MAN 1 Gresik meraih juara 1 sekolah siaga kependudukan tingkat Jawa Timur tersebut tertuang dalam surat yang dikeluarkan oleh Dinas BKKBN Provinsi Jawa Timur nomor 364/PD.04/J/2024. Dalam surat pengumuman juara tersebut mencantumkan tiga kategori. Yaitu kategori juara tingkat SMA/SMK/MA. Kategori juara tingkat SMP/MTs, dan kategori juara tingkat lembaga pengelola SSK.

MAN 1 Gresik berada di peringkat pertama perolehan juara setelah mengumpulkan poin tertinggi berdasarkan kelengkapan data pendukung baik sarana prasarana maupun program kegiatan yang terintegrasi dalam pembelajaran. Pada kategori SMA/SMK/MA, MAN 1 Gresik mengungguli perolehan poin yang diraih oleh SMAN 1 Turen Malang dan MAN 1 Bojonegoro. Penilaian lomba SSK sendiri dilaksanakan sejak pertengahan bulan Maret. Ketua Litbang MAN 1 Gresik sekaligus ketua Pokja SSK menyatakan bahwa persiapan menghadapi lomba SSK Paripurna tingkat Jawa Timur berjalan cukup lama. Mulai dari pengumpulan berkas dan data pendukung, penilaian dari juri hingga pengumuman menelan waktu lebih dari satu bulan. Keberhasilan ini pun berkat kerja sama seluruh pihak yang terus mendukung program-program unggulan MAN 1 Gresik.

Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah program sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran, di mana di dalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan generasi berencana, agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan dan guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran sesuai dengan Kurikulum.

Atas keberhasilan MAN 1 Gresik meraih juara 1 lomba SSK tingkat Provinsi Jawa Timur, maka madrasah plat merah tersebut akan mewakili Jawa Timur di Tingkat Nasional. di tingkat Nasional lomba SSK akan dibagi kedalam beberapa regional. MAN 1 Gresik tergabung dalam regional Jawa. Di regional Jawa, MAN 1 Gresik bersaing dengan DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Tentu seluruh keluarga besar MAN 1 Gresik berhar yang terbaik dalam lomba SSK di tingkat nasional.

Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan selamat atas torehan prestasi yang dicapai oleh Tim SSK MAN 1 Gresik. Menurut beliau, kesuksesan ini berkat kerja sama seluruh pihak baik Tim SSK, guru, pegawai, komite dan juga dukungan alumni. Keberhasilan ini juga bukan sekadar keberhasilan dalam berkompetisi, namun merupakan bukti nyata MAN 1 Gresik mendukung program pemerintah dalam mengendalikan laju pertumbuhan masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan sarana prasarana serta program pembelajaran yang mendukung BKKBN. Beliau berharap prestasi ini dapat dipertahankan di tingkat nasional.

Leave a Comment